Thursday 1 May 2014

Sejarah Singkat Visual Foxpro

Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasikan objek berpusat pada data (data-centric)
yang dikeluarkan oleh Microsoft. Awalnya dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan “Visual”. Versi terakhir FoxPro (2.6) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix: Visual FoxPro 3.0, versi “Visual” pertama, akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac dan Windows, dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versi terkini Visual FoxPro adalah berekstensi COM dan Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak berniat untuk mencipta versi Microsoft .NET.
FoxPro adalah bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama bahasa “xBase”, di mana sintaksnya berdasarkan bahasa dBase. Pemrograman yang juga menggunakan bahasa xBase adalah Clipper dan Recital (Sejarah awal xBase boleh di lihat dalam rencana dBASE).
Penemunya adalah Wayne Ratliff, yang pernah bekerja sebagai salah satu awak penerbang NASA yang pernah mendarat di Mars pada tahu 1976. Wayne Ratliff lahir di Trenton, Ohio, Amerika Serikat dan menemukan program computer Jet Propulsion Laboratory. Tahun 1980 bertemu dengan George State yang telah menemukan program dBase H. Sebenanya Wayne Ratliff hampir menyerah karena hasil karyanya hanya laku dijual 50 $ per kopi. Setelah bertemu dan membuat kesepakatan untuk bergabung dengan George State di Perusahaan Aston-Tate, kemudian keduanya mengembangkan temuannya menjadi dBase II. Pada gilirannya kemudian project pemrograman Data Base diserahkan kepada Wayne Ratliff dan dia berhasil mengembangkanya menjadi dBase III atau yang lebih dikenal dengan FoxPro seri 1.
Visual FoxPro, VFP biasa disingkat, adalah terintegrasi dengan mesin database relasional sendiri, yang membentang FoxPro’s Xbase kemampuan untuk mendukung SQL query dan data manipulasi. Tidak seperti kebanyakan sistem manajemen basis data, Visual FoxPro adalah fitur lengkap, bahasa pemrograman dinamis yang tidak memerlukan penggunaan tambahan untuk keperluan umum lingkungan pemrograman. Ini dapat digunakan untuk menulis tidak hanya tradisional “klien gemuk” aplikasi, tetapi juga middleware dan aplikasi web.
Contoh Object
loForm = CREATEOBJECT(”HiForm”)
loForm. Show(1)
DEFINE CLASS HiForm AS Form
AutoCenter = .T.
Caption = “Hello, World”
ADD OBJECT lblHi as Label WITH ;
Caption = “Hello, World!”
ENDDEFINE
Contoh Pengendalian Data
* Create a table
CREATE TABLE randData (iData I)
* Populate with random data using xBase and SQL DML commands
FOR i = 1 TO 50
APPEND BLANK
REPLACE iData WITH (RAND() * 100)
INSERT INTO randData (iData) VALUES (RAND() * 100)
ENDFOR
* Place a structural index on the data
INDEX ON iData TAG iData
CLOSE ALL
* Display sorted data using xBase-style commands
USE randData
SET ORDER TO iData
GO TOP
LIST NEXT 10 && First 10 (end-of-line comment)
SKIP 81
LIST NEXT 10 && Last 10
CLOSE ALL
* Browse sorted data using SQL DML commands
SELECT * ;
FROM randData ;
ORDER BY iData DESCENDING

No comments: