Thursday 28 November 2013

ANGRY IP SCANNER

Sekilas Tentang Angry IP Scanner !

Scanner IP yg suka marah-marah ? Hmm, jangan lantas berpikir bahwa ini merupakan software yg cocok bagi anda yg pemarah, bukan-bukan itu ! Nama Angry disematkan kepada software ini sesuai dengan pembuatnya, yaitu AngryZiber.  Software ini merupakan ‘pemain lama’ di bidang Security IT dan sudah banyak para ahli keamanan IT yg merekomendasikan software ini sebagai salah satu software penting yg wajib dimiliki oleh para system administrator di seluruh dunia.
Untuk lebih mengenal Software yg satu ini, saya akan coba kupas sedikit mengenai kemampuan software ini agar anda lebih familiar dan bisa mengexplore software ini lebih lanjut lagi. Untuk mendapatkan software ini, anda bisa mendowloadnya di  saya sudah membuatkan mirrornya di Perlu anda perhatian bahwa beberapa anti virus menganggap AngryIPScanner sebagai trojan, dan anda bisa melihat penjelasannya Beberapa anti virus yg sudah saya test sendiri yg menganggap AngryIPScanner sebagai trojan adalah NOD32, Avast Home Edition, AVG Free, dan ClamWin. Ya maklum lah, saya memang dasarnya hobby untuk ngoprek-ngoprek software…
Oia, saya lupa menjelaskan kegunaan dari Software ini. Singkatnya Software ini berguna sekali untuk membantu anda menjaga, mengelola, dan menginventorisasi jaringan anda dalam hal ini IP Address ! Disini, saya mengambil sudut pandang anda sebagai system administrator. Alat ini sangat membantu anda dalam menghemat waktu dan pikiran anda ketika anda mengawasi jaringan anda dari tangan jahil yg terhubung ke jaringan anda. Ketika anda melihat ada alat (laptop / workstation / apapun itu) yg mencurigakan yg terhubung dengan jaringan anda, anda dapat langsung mengetahuinya sesegera mungkin ! It’s so nice, right ?? Try it, broder… Satu hal yg perlu diperhatikan sebelum menggunakan Software ini adalah anda harus paham dahulu mengenai konsep IP Addressing, karena ya itulah dasar dalam menggunakan Software ini ! Anda dapat belajar disini.
Setelah proses download selesai, langsung jalankan saja AngryIPScanner (tanpa proses installasi) dan akan muncul tampilan seperti screenshot berikut ini :
Angry IP Scanner
Angry IP Scanner
Berikut saya akan coba jelaskan bagian terpenting yg ada di AngryIPScanner :
  • IP Range : di sini, anda HARUS mengisikan range IP yg ingin anda lakukan scanning ! Masukkan mulai dari range IP terkecil hingga range IP terbesar. Untuk belajar lebih lanjut mengenai IP Address, mulailah di Wikipedia /bertanyalah melalui Google.
  • Hostname : nama dari komputer yg anda gunakan saat ini. Bila dari contoh di atas, Hostname komputer yg saya gunakan adalah Jonathan. Jadi Hostname akan berubah-ubah berdasarkan komputer yg anda gunakan. Untuk melihat Hostname komputer anda, gunakan cara berikut : klik kanan di “My Computer”, pilih “Properties”,  pilih tab “Computer Name”, carilah text “Full Computer Name” disitulah nama komputer anda.
Setelah, kalian mengisi kedua hal tersebut maka tekanlah tombol “Start” dan AngryIPScanner akan mulai bekerja. Berikut screenshot apabila AngryIPScanner selesai melakukan proses scanning IP Address.
Angry-2
Dari screenshot tersebut dapat disimpulkan proses scanning untuk range IP Address : 192.168.1.1 – 192.168.1.5 telah selesai dilakukan dalam waktu 11 detik, dengan kecepatan scan tiap host 2.200 detik, banyaknya IP yg di-scan adalah 5, dengan total komputer (host) yg menyala 2.
Perlu diperhatikan bahwa ada komputer yg secara realnya menyala, tapi tidak terdeteksi oleh AngryIPScanner bila komputer tersebut terpasang Firewall. Dimana Firewall akan memblok semua request yg dilakukan AngryIPScanner, sehingga seakan-akan komputer tersebut mati / tidak terdeteksi. So, demi keamanan aktifkan Firewall anda dan matikan service-service dari komputer anda yg tidak dianggap perlu !!
Angry-3
Dari screenshot diatas, untuk lingkaran yg berwarna biru berarti komputer tersebut aktif dan yg berwarna merah berarti tidak aktif ! Nah setelah kalian mengetahui komputer yg aktif, tinggal kalian yg menentukan apa yg hendak kalian lakukan dengan komputer tersebut.
Ingatlah, semua yg ada didunia ini bersifat netral hanya manusia yg memutuskan apakah itu baik / jahat ! So, seperti software ini (AngryIPScanner) bisa digunakan untuk kepentingan baik / jahat, semua tergantung dari siapa yg menggunakannya…
1. Angry IP Scanner 32 bit
2. Angry IP Scanner 64 bit


No comments: