Tuesday 17 September 2013

Package Visual Foxpro

Berikut ini adalah panduan bagi para teman - teman Foxpro Mania yang sudah mempunyai aplikasi Visual Foxpro serta sudah berhasil mem-build nya menjadi EXE dan kemudian ingin mem-Packagenya menjadi Installer. Software yang digunakan untuk membuat Installer disini adalah Installshield Express. Langkah - langkah berikut ini mungkin bisa diikuti untuk melakukan package aplikasi Foxpro dengan cara yang standart :

  1. Pada InstallShield Express buat project baru (File - New). Di sini silahkan atur nama project dan silahkan ubah lokasi penyimpanan file project jika tida menginginkan lokasi penyimpanan yang telah disediakan secara default.
  2. Pindah ke tab "Project Assistant"
  3. Di  tab "Project Assistant" klik "Application Information". Di sini ketikkan silahkan isikan informasi mengenai nama perusahaan, nama aplikasi dan lain - lain.
  4. Di  tab "Project Assistant" klik "Installation Requirements". Bagian ini merupakan pengaturan mengenai pada versi windows berapa aplikasi yang dibuat akan mau dijalankan. Bila ingin agar bisa dijalankan di semua versi windows biarkan setingan secara default tanpa melakukan perubahan apapun.
  5. Di  tab "Project Assistant" klik "Installation Architecture". Bila anda ingin agar pada proses Instalasi pengguna bisa memilih atau meng-customisasi komponen - komponen yang diinstal maka silahkan lakukan pengaturan disini. Tetapi bagi yang baru belajar mungkin biarkan saja setingan defaultnya.
  6. Di  tab "Project Assistant" klik "Application Files". Di bagian inilah tempat kita menentukan file - file apa yang mau di distribusikan. Silahkan tambahkan file atau folder yang akan disitribusikan dengan meng klik tombol "add files" dan "add folders". Khusus bagi yang mau mendistribusikan aplikasi Visual Foxpro, file yang wajib ditambahkan adalah (1) File Exe hasil Build, (2) File library Visual Foxpro, (3) File Table bila menggunakan table local seperti .dbf atau .mdb. Bila aplikasi anda menggunakan kontrol activeX (*.ocx) atau File library (*.dll) maka file - file tersebut juga harus anda tambahkan. 
  7. Di  tab "Project Assistant" klik "Application Shortcuts". Bagian ini adalah pengaturan Shortcut dari aplikasi anda, yang meliputi gambar shortcut yang digunakan, letak shortcut apakah mau meletakkannya di desktop, start menu dan lain - lain.
  8. Di  tab "Project Assistant" klik "Application Registry". Bila aplikasi anda nanti membutuhkan data registry windows, maka anda dapat menambahkan data registry disini. Tetapi kalau tidak biarkan default saja.
  9. Di  tab "Project Assistant" klik "Installation Interview". Bagian ini adalah bagian yang digunakan bila anda ingin menampikan sebuah pernyataan atau pertanyaan kepada pengguna saat instalasi seperti mengenai user agreement, pengecekan nama perusahaan dan lain - lain. 
  10. Di  tab "Project Assistant" klik "Build Installation". Ini adalah langkah yang terakhir. Di sini anda bisa menentukan nanti Installer yang dihasilkan seperti apa. Untuk menghasilkan installer yang hanya terdiri dari 1 file anda bisa memilih "Single Executable". Setelah melakukan pilihan silahkan klik tombol "Build Installation". Tunggu sebentar dan Installer akan terbentuk dan anda bisa cek di folder project anda.
Langkah - langkah diatas adalah langkah standart. Kesemua langkah diatas mungkin yang perlu dicermati dan paling wajib dilakukan adalah langkah ke 6 yaitu penambahan File. Karena kesalahan dan tidak tepatnya file yang ditambahkan disini, bisa berakibat aplikasi anda setelah didistribusikan tidak bisa dijalankan (misalnya jika anda tidak menyertakan file library atau file table).

Panduan ini mungkin cocok bagi yang baru belajar menggunakan Installshiled Express. Selanjutnya bagi yang ingin mengetahui lebih detail mengenai fungsi - fungsi dan fasilitas yang ada di Installshield Express teman - teman bisa membaca User Guide Installshield Express atau bila ingin mempelajari tenang pendistribusian aplikasi foxpro lebih lanjut bisa membaca Deploying Visual Foxpro Solutions untuk lebih bisa bereksplorasi.

Mau Aplikasinya download aja di bawah ini brooooooooooooo.....



No comments: